Toyota bakal rilis mobil bertenaga hidrogen?

Toyota bakal rilis mobil bertenaga hidrogen?

Techno.id - Belakangan ini, berita seputar mobil pintar banyak diberitakan media. Dari yang memiliki banyak fitur menarik hingga rumor seputar self-diving car. Beberapa mobil tersebut juga menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya.

Bicara soal sumber tenaga, Toyota juga merilis mobil terbarunya yang tak lagi menggunakan bahan bakar minyak. Seperti yang telah diberitakan oleh Auto Express, Toyota telah meluncurkan mobil bertenaga hidrogen.

Bernama Toyota Mirai, bahkan mobil ini telah dipakai dalam WRC atau World Rally Championship di Trier, Jerman. Mobil bertenaga hidrogen ini dikemudikan oleh Mitsuhiro Kunisawa yang juga seorang jurnalis.

Toyota bakal rilis mobil bertenaga hidrogen?

Teknologi yang diterapkan oleh Toyota Mirai adalah menyatukan hidrogen dan oksigen dalam tangki bahan bakar, dan mengubahnya menjadi energi listrik untuk menjalanakan mesin bertenaga 152 bhp dengan torsi sebesar 335 Nm.

Dengan tenaga sebesar itu, Mirai sanggup melesat dari 0-100 km/h hanya dengan waktu 9,6 detik saja. Mobil hidrogen ini mampu mencapai kecepatan puncak hingga 178 km/h.

Terobosan ini tentu saja sangat berguna, tak hanya bagi masyarakat, namun juga bagi penyuka olahraga otomotif, khususnya rally. Sebenarnya Totoya Mirai sudah beredar di Jepang sejak bulan Desember lalu, namun untuk pasar Eropa baru dimulai pada bulan Oktober 2015 nanti.

Mobil ramah lingkungan yang tak memiliki emisi gas buang sama sekali ini dibanderol dengan harga kisaran Rp 1,1 miliar untuk pasar Eropa. Pertanyaan yang kemudian muncul, mungkinkah mobil ini menembus pasar otomotif Indonesia?

(brl/red)