Tiru James Bond, Apple ingin buat teknologi peredam gerak

Tiru James Bond, Apple ingin buat teknologi peredam gerak

Techno.id - Mengaku terinspirasi dari teknologi yang ditampilkan di film James Bond, Apple dikabarkan akan membuat teknologi peredam gerak yang diklaim mampu menyelamatkan layar saat jatuh. Kabarnya teknologi yang saat ini dalam tahap pengajuan paten tersebut akan membuat perangkat besutan Apple seperti banyak alat yang ada di film mengenai agen rahasia itu di mana saat alat jatuh keadaannya masih bagus seperti sedia kala karena dilapisi oleh suatu sistem perlindungan khusus.

Seperti dilansir oleh PocketNow (22/10/15), teknologi mekanisme perlindungan otomatis itu dikabarkan nanti bisa mendeteksi saat iPhone misalnya akan terjatuh. Sesaat setelah sistem mendeteksi jatuhnya perangkat, maka secara otomatis tab polimer kecil yang tersembunyi di dalam bodi akan muncul dan bakal melindungi layar yang merupakan bagian paling rentan rusak saat terjatuh.

Tab ini kabarnya bakal menggunakan mekanisme rotary dalam iPhone yang membuatnya bisa muncul secara otomatis. Sementara pendeteksi gerakan dikabarkan bakal menggunakan sistem accelerometer yang peka terhadap getaran saat perangkat iPhone misalnya akan jatuh ke tanah.

Belum diketahui secara pasti apakah teknologi ini nantinya akan benar-benar diaplikasikan ke perangkat mobile besutan Apple atau tidak. Namun, jika benar diaplikasikan maka Apple bakal jadi satu-satunya perusahaan yang memiliki sistem perlindungan perangkat tercanggih sehingga dapat mengurangi biaya perbaikan saat perangkat terjatuh.

(brl/red)