Tiongkok genjot industri lokal dengan 'Internet Plus'

Tiongkok genjot industri lokal dengan 'Internet Plus'

Techno.id - Pemerintah Tiongkok melalui perdana menterinya, Li Keqiang baru-baru ini mengumumkan bahwa di masa depan industri lokal di sana akan terintegrasi dengan internet. Gagasan yang diberi nama Internet Plus ini akan mengintegrasikan internet dengan industri lokal dan diharapkan mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi Negeri Tirai Bambu tersebut.

Dikutip dari NDTV (4/7/15), internet mobile, komputasi awan, data besar, dan Internet Of Things (IOT) akan diintegrasikan dengan manufaktur modern untuk mendorong perkembangan sehat dunia e-commerce, jaringan industri, dan internet banking. Selain itu, program ini juga ditujukan untuk membantu perusahaan-perusahaan Internet meningkatkan kehadirannya di pasar internasional.

Rencananya program ini akan berusaha memunculkan sektor industri baru di negara tersebut, seperti kewirausahaan, manufaktur, pertanian, energi, keuangan, pelayanan umum, logistik, lalu lintas, biologis, dan artificial intelligences. Pemerintah Tiongkok memastikan bahwa program ini akan segera dilaksanakan secara serentak di negara tersebut dalam waktu dekat.

Semoga saja, pemerintah Indonesia juga bisa mengikuti langkah yang diambil oleh pemerintah Tiongkok ini dengan harapan ke depannya pelaku bisnis maupun industri baru bisa muncul dan terus berkembang.

(brl/red)