Kemenkumham-Kemkominfo sepakati peraturan bersama konten elektronik

Kemenkumham-Kemkominfo sepakati peraturan bersama konten elektronik

Techno.id - Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menyepakati peraturan bersama penutupan konten atau hak akses pengguna pelanggaran hak cipta dalam sistem elektronik, seperti yang dilansir oleh Antara (02/07/15).

"Peraturan bersama tersebut merupakan pelaksanaan dari Undang-undang nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta," kata Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham Ahmad M Ramli dikutip dari Antara.

Selain itu, ia juga menjelaskan peraturan tersebut akan mengatur dua hal terkait dengan penutupan konten dan hak akses yang terkait dengan pelanggaran hak cipta di sarana multimedia.

Ia juga berpendapat jika peraturan bersama itu merupakan kolaborasi yang solid dari Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam mengatasi permasalahan hak cipta di dunia nyata.

Dengan begitu, kerja sama ini memiliki nilai strategis karena akan mengatasi pelanggaran hak cipta di internet dan memberikan kewenangan kepada Kemkominfo untuk menutup konten ilegal.


(brl/red)