Ternyata anak SD banyak yang menggunakan smartphone

Ternyata anak SD banyak yang menggunakan smartphone

Techno.id - Melihat anak-anak gemar memainkan smartphone mungkin dapat membuat Anda miris. Terutama bila melihat anak yang masih belia sudah menggunakan smartphone dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

Seperti data penggunaan gadget pada anak yang diteliti berbagai pihak dan disimpulkan oleh Lookout pada sebuah infografis. Peneliti ini melakukan investigasi pada anak-anak yang menggunakan perangkat gadget.

Ternyata anak SD banyak yang menggunakan smartphone

Grafik dari Lookout tersebut menunjukkan bahwa 52% anak-anak memiliki akses menggunakan gadget di rumah. Kebanyakan dari mereka menggunakan smartphone dengan persentase 41%, sedangkan iPod sebesar 21% dan tablet hanya 8%.

Kalau dilihat dari persentase smartphone yang lebih besar dari gadget lainnya menunjukan bahwa anak mendapatkan smartphone karena dipinjami orang tua mereka. Namun, sebagian orang tua tidak sadar jika setiap hari anak menggunakan smartphone dapat berdampak buruk dikemudian hari.

Anak yang berusia 1 - 8 tahun telah diambil sampel untuk melihat berapa banyak yang menggunakan gadget. Ternyata hasilnya cukup mencengangkan, anak dengan usia 5 - 8 tahun memiliki persentase sebesar 52%, lalu diikuti oleh anak berusia 2 - 4 tahun yang berjumlah 39%, dan terakhir usia 1 tahun sebanyak 10%.

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa anak-anak yang belum sekolah atau masih TK dan SD sudah diberikan akses memakai smartphone di rumah. Padahal perangkat tersebut belum terlalu bermanfaat untuk anak, melihat usianya yang masih kecil. Jika ada kesempatan, lebih baik anak-anak diajak untuk berwisata edukasi di taman pintar atau rekreasi ke pantai, kebun teh, dan lain-lain.

(brl/red)