CONNECT WITH US
Erick |
 30 November 2015 14:00

Terbukti, smart home telah selamatkan rumah dari kebakaran besar

Saat rumah Simon dikepung api, dari jarak 3000km ia mengaktifkan piranti smart home melalui ponsel, dan rumahnya pun selamat dari bencana.

Terbukti, smart home telah selamatkan rumah dari kebakaran besar

Techno.id - Telah banyak piranti smart home dijual di pasaran. Kegunaannya pun beragam, sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Salah satunya adalah untuk menyalakan sprinklers, jadi Anda tetap bisa menyiram tanaman di halaman rumah meski sedang bepergian selama beberapa hari.

Ternyata teknologi yang terlihat sederhana ini telah menyelamatkan rumah Simon Maddocks, seorang profesor di Australia dari bencana kebakaran. Seperti yang telah diberitakan oleh Engadget pada hari Minggu (29/11/15) lalu, telah terjadi kebakaran besar di Australia Selatan.

Api yang menyambar semak kering tersebut membesar dan akhirnya menghanguskan banyak properti serta ekosistem. Rumah tinggal Simon kebetulan berada di dekat lokasi kebakaran. Malangnya, ia pun sedang berada di kantornya.

Simon mendapat kabar dari beberapa rekan bahwa kebakaran sedang terjadi di sekitar kediamannya. Panik, ia pun segera menyalakan CCTV yang dipasanag di rumah melalui ponsel. Dari jarak 3000km Simon bisa melihat kobaran api yang semakin membesar dan mendekat.

"Tiba-tiba semuanya menjadi gelap, lalu muncullah bola api berwarna merah besar. Semuanya terjadi hanya dalam hitungan sepersekian detik," ujarnya saat diwawancara ABC News.

Masih panik dan tak tahu harus melakukan apa, Simon menyalakan sprinklers. Hanya berbekal ponsel dari jarak 3000km, SImon membasahi rumah serta halaman sekitarnya dengan sprinklers.

Tanah yang basah tersebut telah menyelamatkan rumah Simon dari kobaran api hingga petugas pemadam kebakaran datang. Well, dalam hal ini, membangun smart home adalah langkah yang cukup pintar untuk menjaga rumah.

 

WHAT TO READ NEXT ?