[Review] Z1, speaker bluetooth handy dan multifungsi

[Review] Z1, speaker bluetooth handy dan multifungsi

Techno.id - Banyak speaker bluetooth yang dijual di pasaran, dan masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Salah satu speaker yang dibekali dengan berbagai fitur menarik adalah OVEVO Fantasy Pro Z1.

Berbentuk unik, Z1 dibekali dengan lampu LED yang bisa menyala beraneka warna. Cara pengoperasiannya pun cukup mudah, termasuk ketika mengkoneksikannya dengan ponsel melalui bluetooth.

Tanpa aplikasi pun, OVEVO bisa dengan mudah diintegrasikan dengan ponsel berbasis iOS maupun Android. Setelah terkoneksi melalui bluetooth, semua bunyi yang keluar dari ponsel akan berpindah pada Z1.

Tekan tombol cekung yang berada di bagian tengah panel control untuk menyalakannya. Z1 akan berbunyi sebagai tanda bahwa ia sudah aktif. Anda juga bisa menyentuh lempengan besi yang berada di sisi lain Z1 (yang ternyata adalah bagian atas) untuk mengubah warna lampu atau mematikannya.

[Review] Z1, speaker bluetooth handy dan multifungsi

Untuk mengubah kecerahan lampu LED dari jauh, Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Pada iOS, aplikasinya bernama ABC Smart. Sedangkan untuk Android, Anda bisa mengunduhnya di https://www.pyger.aibike lalu memasukkan kode 123. Namun saat link yang tertera dalam manual guide tersebut dicoba, ternyata tak bisa dibuka.

Cara lain adalah dengan barcode scanner, dan Anda bisa langsung memindai karton kecil berisi barcode yang disertakan di dalam kemasan Z1. Untuk sementara, tim Techno.id baru mencobanya pada iPhone.

Interface ABC Smart cukup catchy, dengan tombol di bagian tengah untuk menyalakan dan mematikan lampu. Anda juga bisa mengatur kecerahan dengan memutarnya 360o searah jarum jam. Demikian juga dengan pengaturan warna pada lampu yang bisa dikendalikan dari ponsel.

Terdapat beberapa pilihan menu pada bagian atas aplikasi. Gunanya adalah untuk mengubah nyala lampu LED Z1. Sedangkan di bagian bawah, Anda bisa menemukan tombol Music, Timing, serta Connect di sebelah tombol Light.

Pada tombol Music, Anda bisa mengatur volume serta slider lagu yang terletak di bagian bawah. Sedangkan Timing berfungsi untuk mengatur kapan lampu harus menyala atau mati. Menu ini juga bisa berfungsi untuk menyalakan atau mematikan musik serta mengatur alarm.

Ketika terhubung, Z1 bahkan bisa digunakan untuk memutar lagu saat Anda sedang streaming radio. Selain itu, Z1 juga bisa berfungsi sebagai handsfree bluetooth. Saat tak digunakan atau tak terhubung dengan device apapun selama 30 menit, Z1 akan mati secara otomatis.

Dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi daya Z1 hingga penuh. Baterai berkapasitas 750mAh yang diusungnya mampu bertahan saat dipakai nonstop selama 6-8 jam.

Overall, Z1 sangat mudah dikoneksikan dengan handset berbasis iOS. It's really easy to use. Suara yang dihasilkan speakernya pun cukup berkualitas, karena terdapat celah antara konus dan panel control yang juga berfungsi untuk memantulkan suara, sehingga bass dan trebble yang dihasilkan lebih detil untuk ukuran speaker sekecil Z1.

(brl/red)