Teknologi drone terus berkembang, bahkan hanya untuk ikan hiu!

Teknologi drone terus berkembang, bahkan hanya untuk ikan hiu!

Techno.id - Dewasa ini, teknologi pesawat tanpa awak alias drone tengah menjadi perbincangan hangat di berbagai belahan dunia. Mulai dari fungsi drone yang kian beragam, regulasi yang makin ketat, hingga harga drone yang semakin terjangkau.

Bicara soal manfaat drone, maka cakupannya akan luas. Misalnya, seperti alat pengintai atau atau alat perekam bagi industri film. Yang tak kalah unik, di Australia drone bahkan dikembangkan untuk mendeteksi keberadaan ikan hiu.

Ide ini bermula ketika pemerintah New South Wales yang ingin menggunakan teknologi lebih modern dalam mengawasi para wisatawan di pantai utara. Pasalnya, pantai utara New South Wales memang dikenal dengan populasi ikan hiu yang tinggi.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (13/11) keinginan pemerintah New South Wales itu pun kini tengah dijalankan oleh Swarm UAV, yakni sebuah perusahaan pengembang drone komersial dalam negeri yang berbasis di Melbourne, Australia.

Menurut sang General Manager, Ryan Hamlet mengakui jika pihaknya memang tengah membuat drone sesuai permintaan pemerintah New South Wales. Ia pun mengklaim jika drone buatan perusahaannya bakal memiliki sistem pendeteksi jarak jauh.

(brl/red)