Badan antariksa Jepang tantang warga buat nama baru untuk Asteroid

Techno.id - JAXA alias Japan Aerospace Exploration Agency baru-baru ini merilis sebuah pengumuman unik melalui situs resminya. Badan antariksa Negeri Matahari Terbit tersebut menantang seluruh warga dunia membuat nama baru untuk sebuah asteroid.

Dikutip dari NDTV (22/7/15), para ilmuwan ingin membuat seluruh warga dunia ikut berpartisipasi menamai ulang sebuah asteroid dengan code name 1999 JU3. Menurut para peneliti, nama tersebut sedikit ketinggalan zaman dan membosankan. Oleh karena itu, ilmuwan JAXA ingin mengajak masyarakat memberikan nama baru untuk asteroid yang ditemukan NASA (badan antariksa Amerika) pada tahun 1999 tersebut.

Sebagai informasi, asteroid 1999 JU3 adalah target dari misi pengamatan JAXA, Hayabusa 2. Misi tersebut ditargetkan bakal mendekati asteroid yang diduga kuat mengandung bahan organik berisi petunjuk tentang asal-usul dan evolusi tata surya pada 2018 nanti dan kembali ke bumi pada 2020.

Kabarnya nama terunik untuk 1999 JU3 bakal direkomendasikan JAXA melalui perantara NASA kepada International Astronomical Union alias IAU, badan yang berwenang memberikan sebutan untuk setiap benda langit yang ditemukan. JAXA berharap akhir tahun ini si 1999 JU3 segera mendapat nama baru yang lebih 'modern'.

JAXA menegaskan, nama untuk asteroid ini tak perlu berhubungan langsung dengan Jepang. Warga bisa menggunakan nama dari mitos yang dipercaya di masing-masing negara. Selain itu, JAXA menekankan bahwa nama yang direkomendasikan haruslah tak lebih dari 16 huruf. Nah, jika Anda tertarik dengan kompetisi ini, Anda bisa ikut berpartisipasi dan mengakses informasi resminya melalui situs resmi JAXA.