Sensasi melihat dunia dari 'kaca mata' bunglon

Sensasi melihat dunia dari 'kaca mata' bunglon

Techno.id - Bunglon merupakan hewan dengan banyak keistimewaan, di antaranya kemampuan mengubah warna kulit, lidahnya yang cepat, hingga mata yang dapat melihat 360 derajat. Sangat mengagumkan bukan? Ya, bunglon memang hewan melata yang luar biasa. Dari kemampuannya inilah yang menginspirasi sebuah perusahaan seni menerapkan salah satu kelebihan dalam tubuh bunglon untuk menciptakan sebuah helm yang unik.

Anda mungkin penasaran, seperti apa rasanya memiliki mata seperti bunglon. Nah, The Constitute, sebuah perusahaan seni di Berlin telah membuat sebuah helm dengan fungsi mata mirip bunglon yang dinamakan Eyesect. Helm ini memungkinkan para pemakainya dapat melihat dunia melalui mata seekor bunglon, seperti yang disadur dari TheGuardian.

Jika Anda memakai helm ini, Anda akan terlihat seperti alien dengan kepala besarnya. Terlebih lagi, desain Eyesect yang unik akan mengingatkan Anda pada helm yang dikenakan aktor di film Star Wars.

Eyesect memang menawarkan sesuatu yang beda, bahkan terlihat istimewa. Pasalnya, helm ini menggunakan dua kamera video yang terhubung ke headset Oculus Rift. Kamera tersebutberfungsi sebagai mata portabel yang dapat menempel (bersifat magnetis) di semua bagian luar helm. Anda juga bisa melepas matanya untuk melihat objek dari berbagai sudut.

Salah satu utusan dari The Constitute, Christian Zollner, mengatakan bahwa "pengguna yang memakai helm ini mampu menerapkan perspektif kuda, bunglon, dan hewan lain yang memiliki pandangan berbeda dari kedua matanya." Hal ini dikarenakan masing-masing kamera yang disematkan di Eyesect akan mengirimkan gambar berbeda ke otak untuk memahami fantasi yang sedang dilihat. Jadi, kamera kanan akan mengirimkan gambar ke layar bagian kanan helm dan memberikan visual untuk mata kanan, begitu pula kamera yang kiri.

Helm Eyesect telah dipamerkan di Liverpool, Inggris untuk dinikmati warga Berlin dan siapa pun yang ingin mencoba helm ajaib ini. "Eyesect memang tidak secara nyata memberikan penglihatan seperti bunglon, tapi setidaknya dapat membantu Anda melihat dunia dengan 'mata baru'," ujar Zollner.

[crosslink_1]

(brl/red)