Selamat ulang tahun yang ke-60, Bill Gates!

Selamat ulang tahun yang ke-60, Bill Gates!

Techno.id - Mungkin, sekarang akan beda ceritanya jika saat muda, Bill Gates menyeriusi kuliah persiapannya di Harvard dulu demi masuk ke Fakultas Hukum. Bisa jadi, Anda tak akan pernah bertemu dengan perangkat lunak maupun keras buatan Microsoft, perusahaan yang didirikan Gates bersama sahabatnya, Paul Allen, tahun 1975.

Meskipun harus mengorbankan pendidikan tingginya dengan memilih drop out, pilihan hidup Bill Gates nyatanya tak salah. Ia yang fokus mengembangkan Microsoft dan berinovasi di sana akhirnya berhasil membawa Microsoft berjaya sebagai satu dari perusahaan TI terbesar di dunia.

Microsoft, yang awalnya hanya mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800, pun akhirnya berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi berkat meluncurkan MS-DOS pada pertengahan 1980-an. Tak lama setelah itu, lahirlah sistem operasi Microsoft Windows.

Selamat ulang tahun yang ke-60, Bill Gates!
Bill Gates 2015 Time.com / The Microsoft Archives

Microsoft bahkan kini tak cuma dikenal dengan sistem operasi Windows. Perusahaan yang berbasis di Redmond itu juga sudah mulai merambah lini hardware, sebut saja smartphone Lumia, Xbox, tablet Microsoft Surface, hingga wearable Microsoft Band. Kini, Microsoft juga siap menghadirkan virtual reality dengan produk HoloLens-nya.

Ya, 28 Oktober 1955 silam, William Henry Gates III alias Bill Gates lahir ke dunia. Tak ada salahnya kan mengucapkan selamat ulang tahun untuk miliuner, pebisnis, dan filantropis yang menginspirasi banyak orang itu?

(brl/red)