CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 30 Agustus 2015 13:00

Sektor pertanian seharusnya bisa terbantu dengan teknologi cloud

Harapannya, pertanian di masa depan bisa terkena imbas positif dari teknologi cloud dan era IoT.

Sektor pertanian seharusnya bisa terbantu dengan teknologi cloud

Techno.id - Perkembangan teknologi cloud yang selaras dengan datangnya era Internet of Things (IoT) sebenarnya bisa memajukan banyak sektor, tak terkecuali pertanian. Meski pertanian lebih identik dengan hal-hal seperti tanah, tanaman, atau mungkin hama, ada hal penting lain yang berpeluang dieksplorasi dan dibantu teknologi cloud.

Forbes (25/08/15) pernah memublikasikan metode agrikulture presisi (precision agriculture). Metode yang merangkum kegiatan pengambilan data, pengujian, serta prediksi itu sangat membantu kinerja petani di ladang supaya kinerja lebih efisien sembari menaikkan keuntungan. Sayangnya teknologi ini tidak bisa diterapkan oleh kebanyakan petani karena keterbatasan-keterbatasan tertentu, belum lagi kebingungan mereka untuk mengolah data-data yang masuk.

Di sinilah seharusnya teknologi cloud masuk dan membantu. Bentuknya dapat dengan menyediakan analisis operasi pertanian melalui gadget hingga pengumpulan dan publikasi data pertanian yang sifatnya crowdsourcing. Dengan ini, pertanian di masa depan pun bisa terkena imbas positif dari teknologi cloud dan era IoT.

Di sisi lain, ada juga sektor yang cukup tersiksa dengan hadirnya teknologi cloud, yakni produsen hard disk drive. Dalam pantauan terakhir International Data Corporation (IDC), penjualan personal storage pada kuartal kedua 2015 ini sudah menurun sebanyak 9,7 persen dan diduga sebagai akibat dari teknologi cloud.

WHAT TO READ NEXT ?