CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 30 November 2015 14:00

Riset buktikan musik berdampak positif buat olahraga

Musik juga diakui memiliki kemampuan untuk membuat orang lebih fokus melakukan aktivitasnya.

Riset buktikan musik berdampak positif buat olahraga

Techno.id - Musik buat sebagian orang memiliki fungsi sendiri, baik hiburan maupun penyemangat. Tapi, musik ternyata diakui memiliki kemampuan untuk membuat orang lebih fokus melakukan aktivitasnya, olahraga jadi salah satu aktivitas yang bisa dipengaruhi musik.

Fakta itu terungkap melalui riset yang melibatkan 800 orang atlet di Amerika Serikat dan Inggris. Produsen audiophile asal Jerman, Sennheiser yang mengungkap hasil riset itu menyatakan bahwa lebih dari 50 persen atlet setuju memakai headphone mampu membantu mereka lebih fokus sewaktu berolahraga.

"Mendengar musik saat berolahraga bisa membuat atlet atau orang yang berolahraga mendapatkan kenyamanan yang lebih," ungkap Kuan Wee Hong, Product Marketing Manager Sennheizer Electronics Asia saat ditemui tim Techno.id di Jakarta.

Riset itu juga mengungkapkan, musik tak hanya mampu meningkatkan fokus tapi juga menghalau kebosanan ketika melakukan kegiatannya. Tercatat 30 persen atlet yang terlibat dalam riset mengaku mendengarkan musik mampu membunuh kebosanan sewaktu berolahraga.

Kuan Wee pun memaparkan kebosanan kerap dirasakan oleh mereka yang menjalani aktivitas olahraga sendirian. Menikmati alunan musik diakuinya mampu memberikan kenyamanan dan memotivasi atlet dan olahragawan.

Walaupun mendengarkan musik sewaktu olahraga punya dampak positif, ternyata ada trik khusus yang sebaiknya dilakukan saat memilih perangkat audiophile. Kuan Wee menyarankan olahragawan jangan memakai audiophile yang kedap agar tidak membahayakan.

 

WHAT TO READ NEXT ?