PT SGI dipercaya Telkom untuk pembangunan Luwuk Tutuyan Cable System

PT SGI dipercaya Telkom untuk pembangunan Luwuk Tutuyan Cable System

Techno.id - PT Sarana Global Indonesia (SGI) dipercaya Telkom untuk pembangunan Luwuk Tutuyan Cable System (LTCS). Seperti yang dilansir dari Merdeka.com (04/05/15), SGI saat ini tengah menggarap LTCS dengan panjang 345 km yang menghubungkan Sulawesi Timur dan Sulawesi Utara. Pembangunan Luwuk Tutuyan Cable System ini merupakan bagian dari Indonesia Digital Network di mana Telkom ingin menghubungkan seluruh Indonesia dengan jaringan infrastruktur serat kabel optik.

"Kami dipercaya kembali oleh Telkom untuk menggelar kabel laut LTCS membentang sepanjang 345 kilometer melewati bawah laut hingga mencapai kedalaman 3.000 meter, menembus Laut Maluku," ungkap CEO PT SGI, Chandra Arie dikutip dari Merdeka.com (04/05/15).

Lebih jelasnya, Chandra mengatakan jika penggelaran kabel bawah laut ini menggunakan kabel Submarine Optical Cable G.654 Light Weight Protected (LWP), tipe: Single Armor (SA) dan Double Armor (DA) yang terdiri atas enam (6) pasang fiber. Kemudian, dalam pengerjaannya, PT SGI melakukan pekerjaan meliputi pekerjaan Shore-end, yaitu dari kawasan pantai Luwuk, sebelum kabel masuk ke bawah laut. Lalu, masuk kedalamam laut hingga mencapai 3.000 meter.

Di kawasan pantai Tutuyan, kembali PT SGI bertugas menanam kabel fiber optic sekitar 7.500 meter sebelum daratan untuk kemudian dihubungkan ke STO milik Telkom di Tutuyan.

Kabarnya, investasi jasa penggelaran kabel laut ini mencapai lebih Rp. 100 miliar dan target pekerjaan akan selesai pada Juni 2015. Dengan begitu, Telkom benar-benar mewujudkan komitmennya untuk menggelar jaringan infrastruktur serat kabel optik yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Sebelumnya, Telkom telah membangun infrastruktur kabel serat optik sepanjang 76,700 km dari Aceh hingga Papua termasuk Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) yang direncanakan akan diresmikan pada awal Mei 2015.

(brl/red)