Ingin internet cepat Telkom bangun jaringan kabel optik bawah laut

Ingin internet cepat Telkom bangun jaringan kabel optik bawah laut

Techno.id - Sudah saatnya Indonesia bisa menikmati internet cepat, sehingga membantu masyarakat untuk melakukan komunikasi lancar dan cepat. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com (04/05/15), perusahaan komunikasi Telkom serius dengan komitmennya yang ingin menghadirkan jaringan infrastruktur fiber optik yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Wujud dari komitmen dari Telkom ini ditunjukkannya lewat pembangunan kabel serat optik Luwuk Tutuyan Cable System (LTCS) sepanjang 345 km yang menghubungkan Sulawesi Timur dan Sulawesi Utara. Pembangunan ini merupakan bagian dari Indonesia Digital Network di mana Telkom ingin menghubungkan seluruh Indonesia dengan jaringan infrastruktur serat kabel optik, ungkap Direktur Network IT & Solution Telkom Abdus Somad Arief yang dikutip dari Merdeka.com (04/05/15).

Saat ini, Telkom memang terus mengupayakan pembangunan infrastruktur, Telkom telah membangun infrastruktur kabel serat optik sepanjang 76,700 km dari Aceh hingga Papua termasuk Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) yang direncanakan akan diresmikan pada awal Mei 2015.

Proyek SMPCS dipastikan akan rampung dan beroperasi bulan Mei ini. Sehingga layanan Triple Play IndiHome bisa langsung digelar di Kawasan Timur Indonesia (KTI), ungkap Abdus Somad Arief.

Di sisi lain, pembangunan jaringan kabel optik bawah laut LTCS tersebut dilaksanakan oleh PT Sarana Global Indonesia dan direncanakan rampung pada pertengahan Juni 2015 ini.


(brl/red)