Peran Steve Jobs dalam hidup Mark Zuckerberg

Peran Steve Jobs dalam hidup Mark Zuckerberg

Techno.id - Banyak hal yang menjadi pengaruh Mark Zuckerberg untuk terus mempertahankan Facebook dari awal media sosial dengan 1,5 miliar pengguna ini berdiri. Pada awalnya, Zuckerberg hampir saja menjual media sosial tersebut karena tekanan-tekanan yang terjadi padanya.

Namun, diakui Zuckerberg, peran Steve Jobs lah yang membuatnya bertahan untuk terus mengembangkan Facebook. Pendiri Apple tersebut pernah menyarankan Zuckerberg untuk pergi ke india untuk mengetahui apa yang menjadi misi perusahaannya, seperti yang Jobs lakukan dulu pada awal berdirinya Apple.

Setelah menerima saran dari Jobs, Zuckerberg melakoni saran tersebut dengan bepergian selama sebulan ke India. Selama di India, ia melihat orang-orang, melihat bagaimana orang-orang terhubung, dan memikirkan betapa lebih baiknya dunia jika mereka memiliki media yang kuat untuk menghubungkan setiap orang.

Sejak menerima saran dari Jobs dan melakukannya, Mark Zuckerberg sadar akan peran Steve Jobs untuk kelangsungan hidup dari perusahaannya. Sehingga, hampir 10 tahun terakhir ini, pemilik perusahaan Facebook yang terlihat sederhana ini bertahan dengan terus membangun Facebook.

Hal ini disampaikan Zuckerberg saat melakukan sesi tanya jawab di India dalam rangkaian tournya. Selain itu, ia juga mengungkapkan jika India adalah negara yang penting dalam hidupnya untuk bertahan hingga sekarang, seperti yang dilansir oleh BGR.com (02/10/15).

Di sisi lainnya, dalam wawancara terpisah, Jobs pernah mengungkapkan kekagumannya pada Zuckerberg karena bertahan dan tidak memilih menjual perusahaannya.

(brl/red)