CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 21 Oktober 2015 08:00

Pemerintah Indonesia fokus tingkatkan keamanan cyber

Pemerintah mulai fokus meningkatkan keamanan di sektor migas, transportasi, keuangan, serta perbankan.

Pemerintah Indonesia fokus tingkatkan keamanan cyber

Techno.id - Pemerintah mulai serius meningkatkan keamanan cyber di beberapa sektor penting. Namun, untuk saat ini pemerintah Indonesia akan terfokus pada sektor strategis dulu. Ada pun sektor strategis itu meliputi migas, transportasi, keuangan, serta perbankan. Keinginan pemerintah ini diutarakan melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

"Untuk cyber security akan dibuatkan standar, khususnya sektor strategis. Menurut kami itu termasuk dalam sektor strategis yang harus dibikinkan standarisasi," kata pria yang akrab disapa Chief RA ini di Jakarta, seperti dikutip dari Merdeka (20/10/15).

Menurut Rudiantara, sektor strategis ini harus mendapat pengamanan cyber karena untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk serangan dari para hacker. Toh semua ini juga ditujukan untuk kepentingan rakyat Indonesia. Jika sektor strategis sudah aman, maka kehidupan rakyat juga ikutan aman.

Sedangkan untuk standarisasi, nantinya setiap sektor tidak akan disamakan dan bakal diberlakukan berbeda tergantung sektor masing-masing. Karena berbeda, sejauh ini yang paling terlihat aktif ialah sektor perbankan. Hal ini karena industri perbankan sudah terlahir lebih awal.

"Perbankan itu yang paling aktif. Masalahnya itu karena industrinya memang duluan. Targetnya standarisasi ini untuk semua sektor dan akan melibatkan semua," katanya.

WHAT TO READ NEXT ?