Internet Society gelar simposium cyber security se-Asia di Jakarta

Internet Society gelar simposium cyber security se-Asia di Jakarta

Techno.id - Baru-baru ini, untuk pertama kalinya Internet Society (ISOC) menggelar simposium internet se-Asia di Jakarta. Acara tersebut diikuti oleh ahli dari pemerintahan, sektor privat, komunitas, dan masyarakat sipil guna membicarakan masalah cyber security di Indonesia.

Pengadaan acara tersebut begitu penting untuk meminimalisir adanya kejahatan cyber di berbagai negara. Selain itu, acara ini bisa digunakan untuk mencari jalan keluar banyaknya kasus peretasan di Indonesia.

"Sangat penting juga bagi kita untuk menelusuri semua kemungkinan untuk menangani dan meminimalisir risiko baik secara kolaboratif," ujar Direktur Biro Regional Asia Pasifik ISOC, Rajeah Singh, di Jakarta, seperti yang disadur dari Merdeka (8/9/15).

Mengapa acara semacam ini sangat penting untuk Indonesia? Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan online market tercepat di Asia Pasifik dan belum lagi soal ancaman online. Berdasarkan data dari ID SIRTII, malware lebih mendominasi menyerang online banking di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara juga mengatakan bahwa cyber security memang menjadi salah satu sumber masalah di Indonesia yang harus segera diselesaikan. Namun, persoalannya bukan seberapa banyak Indonesia mendapat serangan cyber, melainkan bagaimana mencari solusi untuk menangani hal tersebut.

"Cyber Security itu isu paling utama di Indonesia. Gak usah ngomong soal statistik berapa kali indonesia kena serangan maya. Lebih baik bahas soal solusinya," ujarnya.

(brl/red)