Pemerintah AS keluarkan standarisasi desain situs resmi pemerintahan

Pemerintah AS keluarkan standarisasi desain situs resmi pemerintahan

Techno.id - Meskipun Amerika Serikat dikenal dengan gudangnya teknologi termutakhir, ironisnya masih ada segelintir situs pemerintahan di sana yang mengusung desain kuno. Anda bisa melihat laman dari FBI, misalnya, yang jauh dari kata responsif ataupun desain yang menyenangkan. Dibandingkan dengan website situs perusahaan teknologi seperti Apple, jelas situs FBI itu tak bisa menandingi.

Pemerintah AS keluarkan standarisasi desain situs resmi pemerintahan
Screenshot tampilan situs FBI (29/09/15) 2015 techno.id

Untuk memperbaiki hal tersebut, pemerintah setempat, melalui US Chief Information Officer (CIO) Council, mendorong situs instansi pemerintah untuk memperbaiki situsnya masing-masing. Mereka juga telah merilis panduan dan komponen open-source untuk desain website resmi yang mencirikan milik pemerintah. Tujuan dari standarisasi ini antara lain membuat website dengan desain yang lebih fleksibel, serasi, dan mempermudah visitor dalam menggunakannya.

Adapun salah satu situs yang bisa dijadikan patokan, yakni vote.usa.gov.

Uniknya, strategi ini sebelumnya juga sudah dicetuskan Kemkominfo, Rudiantara, pada awak media. Ia prihatin dengan situs pemerintahan Indonesia yang tidak mempunyai ciri khas dan kurang mudah diakses oleh publik.

"Sekarang ini masing-masing website pemerintah tidak ada ruhnya, karena dibuat masing-masing. Saya minta ada pemersatu, ada ciri yang menandakan ini situs kementerian pemerintah Republik Indonesia," kata Rudiantara pertengahan September lalu.

(brl/red)