CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 21 April 2016 09:00

Pahlawan bangsa Kartini hiasi laman utama Google hari ini

Doodle spesial ini dibuat oleh Helene Leroux.

Pahlawan bangsa Kartini hiasi laman utama Google hari ini

Techno.id - Ada yang spesial hari ini di Google Search. Pasalnya, foto wajah cantik perempuan berkonde yang membawa sebuah buku nampak menghiasi laman utama layanan pencarian milik raksasa teknologi Mountain View tersebut.

Gambar wanita cantik itu tidak lain dan tidak bukan adalah Kartini. Seorang wanita yang mendapat gelar pahlawan bangsa karena jasanya menyejajarkan peran wanita Indonesia yang dahulu hanya dipandang sebelah mata oleh kaum lelaki.

Kartini sendiri terlahir 21 April 137 tahun yang silam. Ia terlahir dalam lingkaran keluarga bangsawan yang kala itu menganut kepercayaan bahwa wanita tak perlu berpendidikan tinggi karena hanya akan berakhir di dapur.

Meski sudah dilarang lagi untuk bersekolah di usia dua belas tahun, tapi Kartini masih gigih untuk belajar dan menyebarkan semangat kesetaraan gender kala itu. Tak ketinggalan, ia juga mengajarkan ilmu-ilmu pengetahuan dasar yang diketahuinya kepada perempuan di Jawa terutama Jepara kota kelahirannya secara sembunyi-sembunyi karena keluarga dan juga Belanda yang saat itu menjajah Indonesia tak mengizinkan para wanita belajar dan menjadi pintar.

Meski meninggal di usia yang cukup muda yakni dua puluh lima tahun, tapi semangat belajar dan juga kesetaraan gendernya masih dirasa hingga saat ini. Kumpulan surat-suratnya yang berisi semangat untuk menyamakan harkat wanita di Indonesia terutama di bidang pendidikan pun telah dijadikan buku berjudul "Habis gelap terbitlah terang" yang diharapkan bisa menjadi motivasi bagi seluruh kaum hawa di Indonesia.

Google doodle Kartini yang dipampang hari ini, diketahui dibuat oleh seorang doodler bernama Helene Leroux. Dengan doodle yang dibuat hari ini, Google berharap lebih banyak Kartini di Indonesia yang berani berjuang untuk menyetarakan harkat wanita.

 

WHAT TO READ NEXT ?