'Otak' buatan IBM ini bikin ponsel Anda semakin pintar

'Otak' buatan IBM ini bikin ponsel Anda semakin pintar

Techno.id - Kecerdasan buatan memang bukan hal baru lagi sekarang. Para ilmuwan sedang berlomba untuk menciptakan kecerdasan buatan yang bertujuan untuk memudahkan umat manusia.

Hal inilah yang sedang dikembangkan oleh para ilmuwan IBM di Colorado. Seperti yang diberitakan oleh Wired pada hari Senin (17/08/15), para ilmuwan tersebut sedang mengembangkan rodent brain.

Rodent brain adalah chip yang akan membuat ponsel pintar menjadi semakin pintar. Masih berbasis algoritma, rodent brain ini akan bisa digunakan untuk semua ponsel pintar, smartwatch, dan semua gadget mini Anda termasuk alat bantu dengar.

Ya, terobosan yang dilakukan oleh IBM ini akan membawa dunia digital tak hanya untuk smartphonedan tablet saja, tapi juga untuk alat elektronik lain yang masih menggunakan analog.

Tentu saja mereka juga mempertimbangkan ukuran agar bisa ditanam di gadget kecil apapun, dan takkan memakan banyak energi listrik. 1 buah chip rodent brain ini terdiri atas 5,4 juta transistor dan hanya membutuhkan daya setidaknya 70 miliwatt.

Well, selamat datang di dunia-serba-digital!

(brl/red)