Orang Indonesia paling hobi kerja di cafe

Orang Indonesia paling hobi kerja di cafe

Techno.id - Teknologi telah banyak dipakai untuk mendukung kerja di berbagai sektor bisnis. Bahkan, sekarang bekerja dari luar kantor telah banyak diberlakukan perusahaan kepada karyawannya. Tren kerja telecommuting pun kemudian merebak.

Indonesia ternyata jadi salah satu negara yang penduduknya telah terbiasa melakukan pekerjaannya di luar kantor atau kerja mobile. Fakta ini ditemukan dari hasil riset yang dilakukan Microsoft untuk melihat kesiapan pegawai untuk bekerja di luar kantor.

Penelitian yang dilakukan Microsoft melibatkan 2.000 responden yang bekerja di perusahaan kecil menengah di beberapa Negara Asia Pasifik. Negara yang menjadi objek penelitian Microsoft di antaranya Hong Kong, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan tentunya Indonesia.

"Data ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan Microsoft dengan OpenRice di Indonesia, khususnya Jakarta, yang ternyata banyak pegawai memilih bekerja di luar kantor ketimbang di kantor," ungkap Lucky Gani, Microsoft Business Group Head, Microsoft Indonesia.

Lokasi yang paling banyak dipilih pegawai di Indonesia, seperti disebutkan Lucky, ialah lokasi-lokasi publik ketika bekerja di luar kantor. Banyak di antara mereka lebih memilih caf, restoran maupun coffee shop sebagai tempat alternatif untuk mereka bekerja," imbuh Lucky.

Fasilitas standar pendukung kerja yang ada di beberapa lokasi tersebut diungkap Lucky mempengaruhi keputusan pegawai dalam memilih tempatnya bekerja di luar kantor. Asal ada Wifi, colokan listrik dan tempatnya nyaman itu saja sudah cukup biasanya jadi alasan tempat itu dipilih untuk kerja di luar, jelasnya.

Kebiasaan kerja di luar kantor itu diklaim Lucky sangat cocok dengan kemampuan yang disediakan Microsoft Office 2016. Pasalnya, perangkat lunak pendukung kerja buatan Microosft itu bisa membuat pegawai yang bekerja di luar kantor lebih mudah saat bekerja.

Mereka tetap bisa berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pegawai lain yang ada di kantor. Kolaborasi dan komunikasi bisa dilakukan ketika memakai Office 2016 baik secara online ataupun offline, tandas Lucky sewaktu ditemui tim Techno.id.

(brl/red)