NASA rilis video asteroid raksasa yang baru saja melintasi bumi

NASA rilis video asteroid raksasa yang baru saja melintasi bumi

Techno.id - Lembaga antariksa NASA baru-baru ini merilis sebuah video asteroid raksasa yang dikabarkan baru saja melintasi planet Bumi. Asteroid yang dinamakan 1999 JD6 itu tepatnya mendekati Bumi dengan jarak 7,2 juta kilometer pada 24 Juli 2015 sekitar pukul 12.00 WIB.

NASA rilis video asteroid raksasa yang baru saja melintasi bumi

Tak ingin melewatkan kesempatan itu, para peneliti NASA kemudian menggabungkan antena Deep Space Network bernama "Goldstone" miliknya yang berada di California, dengan Teleskop milik National Science Foundation Bank (NSFB) yang terletak di Virginia Barat guna menghasilkan gambar (asteroid) yang lebih jelas.

Dengan memantulkan sinyal radar Goldstone di bagian permukaan asteroid yang selanjutnya ditangkap oleh Teleskop NSFB, NASA berhasil merekam gambar secara individu yang kemudian diabadikan ke dalam sebuah video. Sebelum merilis video itu, pihak NASA sendiri juga telah melakukan pengamatan selama kurang lebih 7 jam 40 menit.

"Antena Goldstone mengirimkan sinyal radar ke permukaan asteroid dan Teleskop NSFB menerima refleksinya. Teknik ini disebut dengan observasi bistatic yang secara dramatis dapat meningkatkan efek detail pada gambar radar," ungkap juru bicara NASA sebagaimana dikutip dari Softpedia (01/08/2015).

Adapun video yang dirilis pada 31 Juli 2015 kemarin menampilkan sebuah asteroid yang terdiri dari dua lobus dengan bentuk yang menyerupai pola biji kacang. Menurut ukuran yang diperhitungkan NASA, 1999 JD6 memiliki ukuran sebesar 2 kilometer dari satu ujung ke ujung yang lain.

Menariknya, NASA menyebut bahwa asteroid seperti ini ternyata merupakan pemandangan yang umum bagi Bumi. "Pencitraan radar telah menunjukkan bahwa sekitar 15 persen dari jarak Bumi dan asteroid masih ada yang lebih besar 180 meter, termasuk 1999 JD6, dengan pola yang sama," ungkap Lance Benner selaku salah satu ilmuwan NASA.

Jika dilihat dari orbit saat ini, para astronom NASA memprediksi bahwa di tahun 2054 (atau bahkan kurang), 1999 JD6 akan kembali melintasi Bumi dengan jarak yang kurang lebih sama. NASA pun meyakini bahwa asteroid tersebut tidak akan menimbulkan ancaman bagi Bumi karena 7,2 juta kilometer sama dengan 19 kali jarak Bumi ke Bulan.

Berikut ini video asteroid raksasa yang baru saja dirilis oleh NASA:

(brl/red)