4 dari 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di iOS milik Facebook

4 dari 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di iOS milik Facebook

Techno.id - Jika Anda mempertanyakan seberapa besar dominasi Facebook di pasar Apple App Store, jawabannya mudah: sangat besar. Hal ini terungkap dari laporan The Most Popular iPhone and iPad Apps of All Time yang dirilis App Annie. Buktinya, dari 10 aplikasi yang paling banyak diunduh sedunia di platform iOS, empat di antaranya ialah aplikasi yang dimiliki Facebook.

Di posisi pertama, bertengger aplikasi seluler Facebook, diikuti oleh Facebook Messenger. Sementara itu, dua produk hasil akuisisi, yakni Instagram dan WhatsApp, masing-masing ada di posisi empat dan enam.

Sementara itu, Google hanya mengirimkan dua perwakilannya di klasemen 10 besar itu, yakni YouTube dan Google Maps. Skype dan Twitter pun tak ketinggalan meski hanya memiliki masing-masing satu slot.

Data selengkapnya dari analisis yang sudah dilakukan sejak Juli 2010 sampai Juli 2015 itu tersaji di tabel berikut ini:

4 dari 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di iOS milik Facebook
Daftar aplikasi yang paling sering diunduh di Apple App Store sedunia 2015 App Annie

Facebook sendiri tergolong sebagai developer yang rajin memberikan pembaruan terhadap layanan-layanannya sekaligus meluncurkan aplikasi pendukung baru di perangkat seluler. Terakhir, media sosial berusia 11 tahun itu merilis aplikasi Moments untuk penggunanya di Indonesia. Facebook juga telah memperkenalkan asisten virtualnya sendiri bernama M.

(brl/red)