CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 8 Januari 2016 13:00

Motorola akan 'dibunuh' dalam waktu dekat

"Kami secara perlahan akan menghapuskan Motorola dan fokus ke brand Moto."

Motorola akan 'dibunuh' dalam waktu dekat

Techno.id - Sebentar lagi, mari ucapkan selamat tinggal pada Motorola. Pasalnya, brand perusahaan yang diakuisisi oleh Lenovo tahun 2014 itu bakal dihapuskan. Sebagai gantinya, Motorola akan benar-benar melebur dengan Lenovo dan hanya akan menjadi merek untuk smartphone high-end, yakni 'Moto by Lenovo'.

Hal ini dikonfirmasi sendiri oleh Chief Operating Motorola, Rick Osterloh. "Kami secara perlahan akan menghapuskan Motorola dan fokus ke brand Moto," terangnya seperti dikutip dari CNET.com (07/01/16) di CES 2016.

Spekulasi terkait hal ini pun bermunculan. Dugaan bahwa brand Motorola sekarang sudah kalah kuat dengan Lenovo adalah salah satunya. Namun faktanya, smartphone berlabel Motorola sebenarnya masih laku di pasaran. Di kuartal ketiga 2015, misalnya, penjualan handset Motorola menyumbang pemasukan Lenovo sebesar Rp19 triliun dari total Rp168 triliun.

Sebelumnya, Lenovo juga telah diberitakan tak akan memproduksi lagi smartphone seri Vibe. Mereka memilih untuk memperkuat posisi Motorola di pasar smartphone global. Strategi ini bisa dibilang selaras dengan peleburan Motorola ke tubuh Lenovo yang diungkap Rick tersebut.

Dari sejarahnya, Motorola bukan vendor kacangan. Perusahaan yang sempat diakuisisi Google itu berpartisipasi langsung terhadap perkembangan ponsel hingga sampai di titik ini. Bahkan di tahun 2000-an, ponsel flip Razr buatan mereka cukup populer. Ringtone khas mereka "Hello Moto" pun pernah bersaing ketat dengan ringtone khas Nokia saat itu.

WHAT TO READ NEXT ?