CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 27 November 2015 23:00

Lenovo bakal stop bikin ponsel seri Vibe, Vibe S1 jadi yang terakhir?

Vendor asal Tiongkok itu memutuskan untuk menghentikan produksi seri Vibe dan menggenjot produksi ponsel Motorola.

Lenovo bakal stop bikin ponsel seri Vibe, Vibe S1 jadi yang terakhir?

Techno.id - Sebuah rencana yang cukup mengejutkan berhembus dari Lenovo. Seperti dilaporkan oleh NDTV.com (27/11/15), perusahaan yang sudah berdiri sejak 1984 itu tak akan lagi memproduksi smartphone dari seri Vibe. Sebagai gantinya, Lenovo bakal memperkuat posisi salah satu anak perusahaannya di pasaran, yakni Motorola.

Rencana ini dinilai Canalys sebagai langkah untuk memperbesar ruang Motorola di pasar ponsel menengah dan high-end. Dalam tweet dari akun resminya (26/11/15), perusahaan riset pasar itu juga berargumen kalau langkah ini akan sangat positif ke depannya, yakni untuk mengurangi kanibalisasi antar produk Lenovo dan Motorola.

Lenovo sendiri saat ini membawahi tiga lini smartphone: Vibe, Motorola, dan Lemon. Di bawah brand Lemon, Lenovo menyasar konsumen entry-level dan mid-range dengan produknya seperti K3 Note. Sementara Vibe lebih menyasar ke pasar menengah ke atas, yang notabene adalah ranah yang juga disasar Motorola.

Jika strategi ini segera diterapkan, maka kemungkinan besar Vibe S1 ialah ponsel terakhir dari lini Vibe yang dirilis ke pasaran Tanah Air. Ponsel 5 inci itu baru saja dikenalkan di Indonesia pertengahan November lalu. Vibe S1 memiliki keunggulan untuk urusan selfie karena dibekali dengan dua kamera depan yang masing-masing beresolusi 8MP dan 2MP.

Di sisi lain, rencana ini juga berkaitan erat dengan rencana Lenovo untuk membangun pabrik Motorola di Indonesia. Country Lead Lenovo Smartphone Indonesia, Adrie R. Suhadi, saat itu mengatakan, "Merakit Motorola di Indonesia itu bisa saja terjadi, untuk saat ini semua masih dalam proses pembicaraan."

WHAT TO READ NEXT ?