Keyless Ignition System bikin mobil makin mudah dicuri?

Keyless Ignition System bikin mobil makin mudah dicuri?

Techno.id - Banyak mobil-mobil baru yang mulai dilengkapi dengan keyless ignition. Tak lagi membutuhkan kunci, pengemudi hanya tinggal menekan tombol untuk menyalakan mesin mobil. Ya, fitur ini sudah merupakan piranti wajib untuk kendaraan di masa yang akan datang.

Namun fakta mengejutkan terjadi di lapangan. Seperti yang telah diberitakan oleh Auto Blog pada hari Jumat (18/09/15) lalu, sistem kunci terbaru ini justru membuat mobil semakin tidak aman. Benarkah demikian?

Beberapa waktu lalu teknologi ini kembali diuji coba. Menggunakan beberapa peralatan, kunci elektrik ini bisa dilumpuhkan hanya dalam hitungan detik. Keyless Ignition System bisa dengan mudah diretas. Alarm pun bahkan bisa dimatikan dalam waktu sekejap.

Keyless Ignition System bikin mobil makin mudah dicuri?

Kali ini yang jadi bahan percobaan adalah sebuah Range Rover Sport. Para ilmuwan tersebut membuka pintu dengan kunci palsu. Selanjutnya mereka segera masuk ke dalam mobil dan mulai meretas sistem keamanan. Alaram yang berbunyi segera padam dalam hitungan detik. Setelah berhasil membajak sistem keamanan, mesin pun segera bisa dinyalakan dengan mudah.

Tentu saja fakta ini menjadi sebuah tanda tanya besar bagi masyarakat pengguna keyless ignition,apakah mobil mereka bakal aman dari para pencuri mobil berteknologi tinggi.Dan fakta ini adalah sebuah pekerjaan rumah bagi para produsen mobil untuk kembali menyempurnakan sistem pengamannya.

Penasaran dengan cara kerja para ilmuwan dalam melumpuhkan sistem pengaman mobil? Tonton saja video berikut ini...

(brl/red)