CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 23 Oktober 2015 15:00

Mitra Microsoft anggap Surface Book dan Surface Pro 4 sebagai ancaman

Microsoft rilis sejumlah perangkat high-end berbasis Windows 10, mitra Microsoft seperti Acer dan Asus merasa tertekan

Mitra Microsoft anggap Surface Book dan Surface Pro 4 sebagai ancaman

Techno.id - Selama ini, Microsoft lebih dikenal sebagai raksasa teknologi yang bergerak di bidang software. Namun, perusahaan yang berbasis di Redmond itu baru saja membuktikan bahwa pihaknya juga mampu bergerak di bidang hardware melalui peluncuran sejumlah perangkat Windows 10 seperti Surface Book atau Surface Pro 4.

Hadirnya jajaran Surface tersebut memang merupakan kabar yang menggembirakan. Namun bagi sebagian pihak, kehadirannya justru dikritik. Ironisnya, kritikan tersebut bahkan datang dari pada produsen PC dan laptop yang sebenarnya adalah mitra Microsoft itu sendiri. Sebut saja beberapa di antaranya seperti Acer dan Asus.

Sebagaimana dikutip dari DigiTimes (22/10), kedua perusahaan asal Taiwan itu mengaku tertekan dengan kehadiran jajaran Surface milik Microsoft. Mereka pun saat ini dilaporkan tengah membangun sejumlah perangkat high-end baru lagi guna menyaingi jajaran Surface agar tidak kehilangan pasar.

Menurut beberapa analis, bertarung di pasar high-end bukanlah sebuah perkara yang mudah untuk dilakukan, tak terkecuali bagi Acer dan Asus. Kendati demikian, mereka juga menegaskan bukan berarti Acer dan Asus tidak dapat menciptakan produk yang lebih baik ketimbang jajaran Surface.

Salah satu contohnya adalah Lenovo. Seperti diinformasikan sebelumnya, produsen terkemuka asal Tiongkok itu baru saja merilis dua perangkat baru yang juga telah mengusung sistem operasi Windows 10. Mereka adalah YOGA 900 dan YOGA Home 900, dan telah dibekali dengan spesifikasi yang setara dengan Microsoft Surface.

WHAT TO READ NEXT ?