Minim dana marketing, promosi OnePlus tetap dahsyat, apa rahasianya?

Minim dana marketing, promosi OnePlus tetap dahsyat, apa rahasianya?

Techno.id - OnePlus terus menjadi buah bibir masyarakat global, apalagi pasca perkenalan flagship terbaru mereka, OnePlus 2, kemarin(28/07/15) . Produsen asal Tiongkok itu pun tak ciut nyalinya untuk berkompetisi dengan sesama vendor asal Tiongkok maupun produsen sekelas Samsung, padahal OnePlus baru didirikan tahun 2013 lalu.

Sebenarnya, apa yang membuat OnePlus begitu mudah menjadi fenomena? Apa strategi marketing yang mereka lakukan?

Ternyata, popularitas yang sudah mereka dapatkan saat ini berawal dari dana marketing sebesar Rp0. Hal itu diakui sendiri oleh Carl Pei selaku co-founder OnePlus. Bahkan, Carl juga mengakui kalau minimnya dana marketing OnePlus dibarengi dengan tidak adanya strategi marketing khusus yang dipersiapkan dan akan mereka terapkan.

Seiring berjalannya waktu, OnePlus mulai berani berinvestasi untuk sektor pemasaran. Akan tetapi, Carl memberlakukan syarat yang ketat. OnePlus berkomitmen bahwa mereka hanya akan menjalankan teknik pemasaran yang dapatmenjangkau lebih banyak pelanggan, tanpa harus meningkatkan margin atau banderol produk mereka.

Dengan kata lain, mereka hanya mau mengorbankan uang untuk pemasaran produk demi menyenangkan pelanggan mereka. Dalam kasus ini, ia mencontohkan kala mereka memberikan OnePlus Cardboard gratis awal bulan lalu pada pelanggannya untuk event peluncuran OnePlus 2.

"Tapi, itu lebih dari sekedar pemasaran. Ini hadiah untuk fans kami sekaligus undangan untuk merasakan momen peluncuran tersebut bersama kami," terangnya.

"Pemasaran seperti ini juga inovatif dan membantu mendefinisikan OnePlus sebagai perusahaan yang berpikiran maju. Alih-alih memanfaatkan pemasaran massal, investasi pemasaran kami hanya sedikit, fokus, dan berdampak tinggi - sesuatu yang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan," simpulnya dalam pernyataan tertulis di blog resmi OnePlus (08/07/15).

(brl/red)