Kawasan mana yang saat ini mendominasi "republik" Twitter?

Kawasan mana yang saat ini mendominasi "republik" Twitter?

Techno.id - Sebagai salah satu media sosial terkemuka, jangan kaget kalau pengguna Twitter datang dari pelbagai penjuru di dunia. Namun dari sekian banyak kawasan, manakah yang memiliki populasi tweeps (sebutan untuk pengguna Twitter) terbanyak?

Infografis yang dikompilasi oleh HubSpot berdasarkan pantauan dari tahun 2014 sampai 2015, ternyata kawasan mayoritas user Twitter berasal dari kawasan Asia-Pasifik. Tepatnya, wilayah itu menyumbang persentase sebesar 33 persen. Di bawahnya, menyusul kawasan Amerika Utara dan Eropa Barat sebagai distributor pengguna Twitter terbanyak di dunia.

Kawasan mana yang saat ini mendominasi
Distribusi pengguna Twitter di dunia tahun 2015 2015 HubSpot

Akan tetapi, belakangan ini tercatat kalau pertumbuhan user dari Amerika Latin sangat cepat. Meski baru memegang porsi sebanyak 12 persen, Amerika Latin disoroti karena pengguna Twitter di sana cukup aktif, dengan dominasi user yang berasal dari Brasil (14,2 juta).

Kiprah Twitter sendiri sekarang terancam dengan kompetitor besar lainnya, seperti Facebook, Instagram, atau Pinterest. Namun, media sosial berumur 9 tahun itu masih memiliki banyak user. Tercatat, ada 302 juta pengguna aktif Twitter saat ini, dengan 500 juta tweet yang dikirimkan per harinya.

(brl/red)