Mampukah Jepang mendaratkan objek tanpa awak di Bulan?

Mampukah Jepang mendaratkan objek tanpa awak di Bulan?

Techno.id - Komite Luar Angkasa Jepang dilaporkan baru saja memperbarui program eksplorasinya di luar angkasa. Menurut laporan tersebut, Negeri Sakura itu berniat menjadi negara keempat di dunia yang berhasil mendaratkan objek tanpa awak di Bulan.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (13/11), Jepang menargetkan diri jika program tersebut sudah bisa dimulai pada tahun 2019 mendatang. Sedangkan untuk proses pengembangan objeknya sendiri akan dimulai di tahun depan (2016).

Jika kelak berhasil, Jepang akan menjadi negara berikutnya setelah Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok yang berhasil mendaratkan objek tanpa awak di Bulan. Lalu, seperti apa teknologi yang akan diterapkan Jepang untuk objek tanpa awak miliknya?

Menurut kabar yang beredar, Jepang berencana menciptakan teknologi 'sistem pengenalan wajah' Bulan paling akurat yang pernah dibuat. Diklaim, teknologi ini mampu memindai permukaan Bulan hingga berjarak 100 meter sebelum menyentuh tanah.

Sayangnya, belum ada banyak fakta yang dapat terungkap selain teknologi sistem pengenalan wajah itu sendiri. Namun terlepas dari itu semua, apakah Anda setuju jika Negeri Matahari Terbit itu nantinya dapat mengisi urutan di negara keempat?

(brl/red)