Maaf, Netflix di masa depan tak akan bisa dibodohi oleh proxy

Maaf, Netflix di masa depan tak akan bisa dibodohi oleh proxy

Techno.id - Tak puas dengan langkah besar merambahkan layanannya di 130 negara baru awal bulan ini, Netflix sudah mempersiapkan membuat gebrakan selanjutnya. Penyedia film dan TV show on-demand ini bakal memblokir user yang mengakses Netflix lewat proxy, VPN, atau sejenisnya.

"Dalam beberapa minggu ke depan, user yang menggunakan proxy dan unblocker hanya akan bisa mengakses layanan Netflix di negara mereka tinggali," demikian papar David Fullagar, VP of Content Delivery Architecture Netflix, lewat sebuah rilis pers (14/01/16). Sayangnya, ia belum menyebutkan secara gamblang bagaimana Netflix akan melakukannya, apakah hanya dengan memblokir IP yang kerap dipakai layanan VPN atau dengan cara lain.

Menurut David, dalam hal ini Netflix tak berniat untuk membatasi penggunanya. Sebab, pihaknya sedang dan terus mengupayakan agar semua konten Netflix bisa dinikmati di penggunanya di seluruh dunia, jadi tak cuma konten orisinal milik Netflix. Sejauh ini, proxy, VPN, atau unblocker kerap dijadikan tumpuan user untuk menikmati konten yang hanya tersedia di lokasi geografis lain.

Di Indonesia, layanan Netflix sendiri masih menjadi kontroversi. Salah satu hal yang dipermasalahkan ialah penarikan biaya langganan yang belum diiringi dengan pendaftaran Netflix sebagai perusahaan dan kehadiran perwakilannya di Indonesia.

(brl/red)