Luar biasa, pangsa pasar iPhone naik hingga 35 persen!

Luar biasa, pangsa pasar iPhone naik hingga 35 persen!

Techno.id - Strategy Analytics baru-baru ini melaporkan bahwa penjualan iPhone mengalami peningkatan dari 8,2 persen di Q2 tahun 2014 menjadi 10,9 persen di kuartal yang sama pada 2015. Dengan kata lain, penjualan iPhone meningkat hingga 35 persen (47 juta unit) dari tahun ke tahun.

Luar biasa, pangsa pasar iPhone naik hingga 35 persen!

Dengan ini, perusahaan riset asal AS tersebut juga mengungkapkan bahwa industri keseluruhan Apple telah mengalami pertumbuhan sebesar dua persen. Sekadar informasi, dua persen dalam skala industri keseluruhan merupakan angka pertumbuhan yang boleh dikatakan cukup signifikan.

Menariknya, angka pangsa pasar justru merupakan kepentingan yang bersifat sekunder bagi Apple. Sebagaimana diketahui, Apple adalah perusahaan yang cenderung lebih mengejar angka keuntungan daripada penjualan. Bahkan, baru-baru ini Apple dilaporkan telah meraup keuntungan hingga 92 persen dari total penjualan smartphone di dunia.

Posisi selanjutnya diisi oleh vendor terkemuka asal Tiongkok, Huawei. Menurut riset tersebut, penjualan ponsel Huawei mengalami pertumbuhan hingga sebesar 50 persen (30,6 juta unit). Di angka tersebut, Huawei berhasil menyalip posisi Microsoft (Nokia Lumia) dan menjadi produsen terbesar ketiga di dunia saat ini.

Adapun Samsung masih bertengger di posisi pertama sebagai yang terbesar di dunia. Ironisnya, penjualan smartphone Samsung justru mengalami penurunan dari 22,3 persen menjadi 20,5 persen. Lebih jauh, laba raksasa teknologi Korea Selatan itu bahkan menurun hingga delapan persen karena penjualan mengecewakan Galaxy S6.

(brl/red)