Laser ini konon katanya lebih panas dari inti matahari

Laser ini konon katanya lebih panas dari inti matahari

Techno.id - Anda pasti tahu bahwa matahari itu panas. Bahkan, matahari yang jaraknya 150 juta Km dengan bumi saja, sinarnya terasa begitu menyengat di kulit. Apalagi inti matahari, tak bisa dibayangkan panasnya seperti apa. Nah, beberapa waktu lalu, seorang ilmuwan menciptakan laser yang lebih panas dari inti matahari. Mana mungkin ada laser yang lebih panas dari matahari?

Semua orang mungkin menanyakan hal serupa. Namun, buktinya ilmuwan tersebut mampu membuat laser dengan daya sebesar 200 triliun Watt. Tim peneliti dari Los Alamos National Laboratory mengungkapkan temuannya dengan sebuah foto yang mencengangkan, seperti dilaporkan SlashGear (22/5/15).

Foto yang diambil dari laboratorium ini menunjukkan pancaran sinar laser yang begitu kuat dan menyilaukan. Warna hijau pada foto tersebut bukanlah efek lampu biasa, melainkan akibat dari pertemuan dua harmonik antarmuka laser plasma. Mereka menyebut laser yang mampu mengalahkan kekuatan matahari itu dengan nama laser Trident.

Dikatakan lebih panas dari matahari sebab laser tersebut menghasilkan plasma dengan gas terionisasi yang begitu banyak. Para ilmuwan juga mengatakan bahwa laser tersebut mampu menahan panas dikarenakan plasma tadi hanya berlangsung selama sepersekian detik.

Walau laser Trident terdengar berbahaya tetapi ada hal yang membanggakan dari hasil penelitian ini. Semoga temuan ini bisa dipakai untuk hal yang berguna dan bisa bermanfaat bagi semua orang.

Laser ini konon katanya lebih panas dari inti matahari

(brl/red)