Kini terpuruk, pengguna Windows Phone diprediksi akan segera tumbuh

Kini terpuruk, pengguna Windows Phone diprediksi akan segera tumbuh

Techno.id - Ada yang unik dari prediksi terbaru International Data Corporation (IDC) terkait masa depan pasar smartphone dunia. Dalam rilis persnya (25/08/18), lembaga pemantau pasar global itu memprediksi bahwa pertumbuhan Windows Phone akan membaik pada tahun 2019 mendatang.

Ya, meski di akhir tahun 2015 ini Windows Phone diduga hanya akan memegang pangsa pasar sebesar 2,6 persen dan kalah jauh dibandingkan Android (81,1 persen) dan iOS (15,6 persen), OS buatan Microsoft itu berpotensi untuk terus tumbuh. Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunannya (Compound Annual Growth Rate) selama lima tahun ke depan diprediksi mencapai 14,2 persen, atau dua kali lipat dibanding Android dan iOS yang hanya ada di kisaran 7 persen.

Dengan pertumbuhan tahunan bisnis yang tinggi, market share Windows Phone pun kemungkinan akan bertambah menjadi 3,6 persen di tahun 2019. Sementara penjualannya meningkat menjadi 67,8 juta unit, dari angka dugaan sebesar 36,9 juta unit di tahun ini.

Prediksi selengkapnya dapat dilihat di tabel buatan IDC berikut ini:

Kini terpuruk, pengguna Windows Phone diprediksi akan segera tumbuh
Prediksi IDC terkait penjualan smartphone global 2015 IDC

Secara keseluruhan, IDC memprediksi bahwa laju penjualan smartphone dunia tahun ini bakal melambat. Pasalnya, daya beli konsumen di sejumlah pasar besar, seperti Tiongkok, Amerika Utara, dan Eropa Barat, menurun karena sudah mulai bergeser ke tipe pasar yang lebih matang.

(brl/red)