CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 24 Oktober 2015 20:00

Kian terpuruk, ini saran pemegang saham untuk selamatkan Yahoo

Untuk menyelamatkan Yahoo, Eric Jackson menyarankan bahwa Marrisa Mayer perlu dilengserkan dari jabatannya sebagai CEO.

Kian terpuruk, ini saran pemegang saham untuk selamatkan Yahoo

Techno.id - Beberapa tahun belakangan mungkin bukan menjadi tahun terbaik untuk Yahoo di industri teknologi dunia, bahkan ketika puncak kepemimpinan diambil alih oleh Marrisa Mayer sejak 2011 lalu. BusinessInsider (24/10/15) mencatat sejak kepemimpinan Mayer dimulai empat tahun lalu, Yahoo tak kunjung menunjukkan peningkatan performa.

Hal ini terbukti dari makin menurunnya pendapatan Yahoo dari waktu ke waktu, "lari"-nya beberapa karyawan Yahoo ke perusahaan lain, dan saham Yahoo yang tak stabil. Bahkan, konten original yang menjadi andalan Yahoo selama ini pun turut dikabarkan telah gagal menarik pundi-pundi bagi perusahaan yang sempat menjadi saingan terbesar bagi Google tersebut.

Melihat runtutan kegagalan yang dialami Yahoo, Eric Jackson dari Ader Investment Management yang juga menjadi pemegang saham Yahoo mengungkapkan beberapa saran yang mungkin bisa dilakukan untuk menyelamatkan Yahoo. Jackson secara lantang mengungkapkan bahwa menyingkirkan Mayer dari posisi CEO adalah hal pertama yang perlu dilakukan karena menurutnya CEO cantik tersebut telah gagal menyelamatkan Yahoo dari keterpurukan ini.

Tak hanya itu, Jackson juga menyarankan supaya Yahoo perlu mengurangi jumlah karyawannya. Menurut Jackson, karyawan sejumlah 12.000 dinilai terlalu "gemuk", bahkan ia membandingkan dengan Twitter yang hanya memiliki 3.600 karyawan dan bisa sukses bertahan di industri teknologi hingga saat ini.

Jackson juga berharap Yahoo lebih fokus dalam menghasilkan pundi-pundi dari mesin utama serta layanan seperti Yahoo Sports, Yahoo Finance, dan meningkatkan traffic kunjungan ketimbang mempersempit fokus perusahaan seperti yang dilakukan oleh Mayer saat ini. Ia juga video berbasis internet bisa jadi salah satu bisnis yang bisa dijalani Yahoo karena bisnis di bidang tersebut menurut Jackson masih sangat menjanjikan.

Nah, itulah pendapat Jackson, pemegang saham Yahoo mengenai langkah yang perlu dilakukan untuk menyelamatkan Yahoo di masa depan. Apakah Anda setuju dengan saran dari Jackson tersebut, terutama mengenai perlu digantinya Marrisa Mayer sebagai CEO Yahoo?

WHAT TO READ NEXT ?