CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 24 Agustus 2015 20:00

Ketua Komisi I DPR RI anggap lembaga cyber tak perlu dibentuk

Mahfudz Siddiq: "Jika memang diperlukan, maka cukup dengan semacam gugus-tugas lintas sektoral."

Ketua Komisi I DPR RI anggap lembaga cyber tak perlu dibentuk

Techno.id - Jika Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mendukung langkah pembentukan Badan Cyber Nasional (BCN), tidak demikian dengan Ketua Komisi I DPR RI, Mahfudz Siddiq. Ia pun menganggap jika kejahatan cyber lebih cenderung bersifat lintas sektoral.

"Cukup dilakukan koordinasi dan integrasi sistem pengelolaannya," ujarnya singkat sebagaimana dikutip dari Antara, Senin (24/08).

Menurutnya, jika institusi khusus keamanan cyber memang diperlukan, maka cukup dengan semacam gugus-tugas lintas sektoral. Pasalnya, sifat keamanan cyber tidak bisa dijalankan oleh SDM yang tidak jelas kemampuan dan integritasnya.

"Cyber telah jadi tren dunia yang didorong oleh kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang cepat. Teknologi cyber juga berkembang di sektor pertahanan-keamanan dan intelijen," terangnya.

Kendati demikian, ia juga mengaku jika kejahatan cyber dapat berdampak buruk sehingga pemerintah memang harus mengelola masalah cyber secara serius. Secara infrastruktur, ia menilai hal itu merupakan tanggung jawab Kementerian Komunikasi dan Informatika sepenuhnya.

WHAT TO READ NEXT ?