CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 8 Agustus 2015 12:28

Kapan wanita saingi pria di industri teknologi?

Meski perlahan-lahan, wanita mulai sanggup ikuti jejak pria di dunia dominasi teknologi

Kapan wanita saingi pria di industri teknologi?

Techno.id - Pertumbuhan jumlah wanita yang mengambil posisi di industri teknologi perlahan-lahan meningkat, termasuk di Indonesia. para perempuan yang jadi petinggi perusahaan rintisan di Tanah Air pun menyatakan harapannya agar jumlah kaum Hawa akan menyamai kaum Adam nantinya.

Nuniek Tirta Ardianto selaku Founder #StartupLokal mengatakan bahwa jumlah perempuan dan laki-laki untuk sama menjadi pekerja atau developer IT mungkin terjadi. Ia menganalogikan kondisi serupa yang terjadi di bidang politik di hampir seluruh dunia.

"Kondisinya itu mirip sama dunia politik, jumlah politisi wanita sejak dulu ada. Tapi kalau lihat jumlahnya antara laki-laki dan wanitanya masih terjadi perbedaan, apalagi teknologi yang ibaratnya masih baru," ujar Nuniek kepada tim Techno.id di sela acara Ideafest.

Meski begitu, Nuniek belum berani menyebutkan kapan jumlah wanita di industri teknologi akan seimbang dengan pria. Pasalnya, di Amerika Serikat saja yang memiliki industri teknologi lebih mapan dan wanita yang terlibat di dalamnya cukup banyak ternyata masih belum mengimbangi jumlah pria.

"Hal itu bisa terjadi kok, tapi lambat. Kalau melihat dari sisi lain, khusus untuk founder startup perempuan di Amerika Serikat kemarin sempat baca itu jumlahnya baru 20 persen saja. Artinya kan memang masih sedikit tapi masih terus meningkat, perlahan-lahanlah," tutupnya.

WHAT TO READ NEXT ?