CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 18 Januari 2016 05:00

Kabar baik, roadmap e-commerce siap diluncurkan akhir Januari 2016

Desember lalu, Menkominfo menyatakan proses pembuatan petajalan ini sudah 99 persen.

Kabar baik, roadmap e-commerce siap diluncurkan akhir Januari 2016

Techno.id - Lama ditunggu, roadmap e-commerce akhirnya siap diluncurkan. Mengutip siaran pers dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (16/01/16), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sudah menetapkan petajalan (roadmap) e-commerce sebagai program nasional meluncur pada akhir Januari 2016 ini.

Keputusan ini sudah disetujui oleh sejumlah kementerian terkait. Selain Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, ada juga Menteri PPN, Sofyan Djalil; Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro; Menteri Perdagangan Thomas Lembong; Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf; serta Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ronald Waas. Adapun lembaga lain yang juga terlibat dalam program ini, seperti Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), PT. Pos Indonesia, dan Perusahaan Jasa Pengiriman Asperindo.

Penetapan roadmap e-commerce ini sendiri menelan waktu selama lebih dari setahun karena inisiasinya sudah dimulai pada Desember 2014. Harapannya, petajalan ini bisa menjadi pedoman bagi pemerintah dan pelaku e-commerce agar dapat tumbuh dan berkembang di Tanah Air. Roadmap ini pun menjadi acuan inisiatif kerja sama dengan negara lain seperti Tiongkok dan Amerika Serikat.

Akhir Desember lalu, Menkominfo menyatakan proses pembuatan roadmap e-commerce telah 99 persen alias hampir rampung. Saat itu, pihaknya hanya tinggal menunggu koordinasi dengan Kementerian Perekonomian.

WHAT TO READ NEXT ?