Jasa Pos lesu akibat kemajuan teknologi

Jasa Pos lesu akibat kemajuan teknologi

Techno.id - Teknologi tampaknya telah berperan besar terhadap penurunan minat masyarakat dalam menggunakan jasa Pos. Hal ini dapat dilihat di Kota Pariaman, Sumatera Barat, yang mayoritas warganya tidak begitu antusias untuk mengirim surat lewat Kantor Pos, seperti yang dilaporkan oleh AntaraNews (4/04/2015).

Kabar ini dibenarkan oleh kepala Kantor Pos Pariaman, Histo Demial yang mengatakan, "Tidak bisa kami pungkiri bahwa perkembangan zaman dan kemajuan TI di berbagai aspek menurunkan kemajuan minat masyarakat untuk menggunakan jasa Pos."

Mudahnya berkirim pesan menggunakan aplikasi smartphone sepertinya menjadi alasan utama penurunan minat warga dalam berkirim surat. Bagaimana tidak, pengguna cukup duduk manis sambil mengetik pesan lewat ponsel dan dalam sekejap pesan sudah terkirim ke pengguna lain.

"Pada 2014, Kantor Pos telah mengirimkan sebanyak 47.930 pucuk surat ke seluruh Indonesia, paket sebanyak 3.022 dan 82 pucuk surat yang telah dikirim ke luar negeri. Sedangkan di 2015 sampai Maret tercatat 12.240 pucuk surat yang dikirim, paket 912 dan 23 surat ke luar negeri," imbuhnya.

Meski terjadi penurunan yang signifikan, untungnya beberapa kalangan masih menggunakan jasa Pos, khususnya untuk pengiriman surat dari perusahaan, instasi pemerintah, dan juga pengiriman paket barang.

Situasi ini sudah diprediksi oleh petinggi Kantor Pos, yang sejak tahun 2014 menyiapkan layanan Pos Express atau kiriman satu hari sampai. Histo menuturkan bahwa tahun ini Pos Express sudah bisa dinikmati oleh seluruh warga di Kabupaten Padangpariaman.

Selain layanan Pos Express, salah satu pengunjung Kantor Pos, Munah (85), menuturkan bahwa masih gemar menggunakan jasa Pos untuk mengambil uang pensiunan karena dirasa lebih cepat dan hemat biaya transportasi.

(brl/red)