CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 4 November 2015 05:00

Ini salah satu cara memanfaatkan ponsel bekas untuk karya seni

Pria asal Taiwan ini "membuat" sebuah mobil dari 25 ribu ponsel bekas.

Ini salah satu cara memanfaatkan ponsel bekas untuk karya seni

Techno.id - Melimpahnya sampah elektronik adalah konsekuensi yang akan dan harus dihadapi oleh masyarakat global dengan makin tingginya permintaan akan gadget beserta produksinya. Apalagi, sampah jenis ini bukanlah sampah biasa. Sebab e-waste banyak mengandung bahan beracun dan berbahaya (B3), contohnya arsenik. Tak ayal, banyak pihak yang kini mulai fokus untuk hal ini.

Namun, Lin Shih Pao, seorang seniman asal Taiwan, mempunyai cara sendiri. Memanfaatkan kemampuannya, ia membuat sebuah mobil yang disusun dari 25 ribuan unit ponsel. Tak tanggung-tanggung, untuk pembuatan karya itu, Lin menghabiskan sekitar Rp400 jutaan.

Dari video yang diunggah oleh Reuters (02/11/15) itu, diperlihatkan bagaimana Lin dengan telaten melakukan finishing dari karya seni modern ini dengan menempelkan ponsel tersebut ke rangka kayu. Meski harus mengorbankan waktunya selama 4 tahun demi membuat "sampah kelas satu" seberat 2 ton itu, Lin berharap ide dan karyanya ini bisa mendorong orang lain untuk mulai mendaur ulang sampah elektronik.

Karya seni dari Lin kini dipajang di sebuah sekolah di Taiwan, tepatnya di daerah New Taipei City.

WHAT TO READ NEXT ?