CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 3 November 2015 13:00

Garap bisnis "hybrid cloud", HP Enterprise berencana gandeng Amazon

Amazon dipilih karena perusahaan tersebut dianggap memiliki riwayat dalam bisnis hybrid cloud yang patut diperhitungkan.

Garap bisnis

Techno.id - Pasca mengumumkan proses pembagian perusahaan menjadi dua, Meg Whitman CEO untuk HP Enterprise mengungkapkan jika perusahaan di bawah kepemimpinannya tersebut akan menggandeng Amazon untuk menggarap bisnis "hybrid cloud". Langkah ini diambil setelah perusahaan secara resmi mengumumkan tak lagi menggarap bisnis public cloud atau komputasi awan untuk kalangan masyarakat.

Seperti dilansir oleh NDTV (3/11/15), Amazon dipilih oleh HP Enterprise karena perusahaan yang juga menggarap bisnis ritel online tersebut memiliki riwayat dalam bisnis hybrid cloud yang patut diperhitungkan.

"Kami memutuskan untuk tidak lagi menggarap bisnis public cloud karena modal yang dibutuhkan tak sedikit. Untuk itu, kami lebih memutuskan untuk bermain di bisnis hybrid cloud dan berencana menggandeng Amazon yang punya track record positif," ujar Whitman.

Kendati sudah mengumumkan akan menggandeng Amazon, Whitman mengatakan bahwa bisa saja ke depannya HP Enterprise akan menggandeng perusahaan lainnya yang lebih besar untuk menggarap bisnis hybrid cloud-nya. Whitman mengatakan, kemungkinan besar Google dan Microsoft adalah dua perusahaan besar yang paling potensial untuk diajak bekerja sama menggarap bisnis hybrid cloud HP Enterprise.

Sekadar informasi, mulai 1 November lalu HP resmi terbagi menjadi dua perusahaan yakni HP Incortporated yang fokus menggarap penjualan produk laptop dan printer HP, serta HP Enterprise yang fokus menggarap bisnis komputer server, layanan komputasi awan, dan software dari HP. Dari pembagian ini diharapkan saham HP bisa kembali naik setelah sempat mengalami penurunan beberapa tahun belakangan.

WHAT TO READ NEXT ?