Tips mudah cari data yang sama dari dua tabel di MS Excel

Tips mudah cari data yang sama dari dua tabel di MS Excel

Techno.id - Chandra Wijaya

Melakukan pekerjaan inventarisasi memang cukup membuat pusing kepala. Terlebih jika Anda harus memastikan bahwa barang-barang yang diinventarisasi tersebut tidak tercatat lagi di daftar kolom lainnya.

Membandingkannya satu per satu tentunya bukan perkara yang mudah, apalagi jika daftar barang yang harus di inventarisasi jumlahnya sangat banyak. Untungnya, MS Excel punya solusi mudah untuk menyelesaikan tugas ini tanpa perlu Anda membandingkannya satu per satu.

Ingin tahu caranya? Ikuti saja langkah-langkah mudah berikut ini:

Pertama-tama, masukkan daftar barang yang Anda inventarisasi tersebut ke dalam kolom Excel. Bedakan daftar berdasar waktu masuknya barang misalnya.

Tips mudah cari data yang sama dari dua tabel di MS Excel

Setelah semua barang telah Anda masukkan ke kolom Daftar 1 dan 2 (seperti dicontoh misalnya) buat satu kolom lagi yang berisi barang apa saja yang tercatat sama di dua kolom tersebut.

Selanjutnya, masukkan rumus berikut =IF(ISNA(ADDRESS(MATCH(A2,$B$2:$B$7,0)+1,2,4)),"-",ADDRESS(MATCH(A2,$B$2:$B$7,0)+1,2,4)) di kolom ketiga yang sudah Anda buat, lalu tekan enter.

Kemudian copy rumus tersebut sampai ke kolom terakhir yang sejajar dengan nama barang di daftar 1 dan 2. Hasilnya akan tampak seperti berikut ini:

Tips mudah cari data yang sama dari dua tabel di MS Excel

Dari hasil di atas terlihat kalau nama barang "meja" ternyata sama dengan daftar barang di kolom kedua. Secara otomatis Excel bakal menunjukkan letak nama daftar barang yang sama di kolom kedua, dalam contoh tersebut nama barang "meja" di kolom kedua ada di posisi cell B7. Selain itu, nama barang "pigura" juga ada di daftar kolom kedua di posisi cell B4. Sementara itu, nama barang lainnya di daftar pertama yang tidak sama dengan di daftar kedua akan muncul tanda (-).

Daftar barang yang akan Anda masukkan dalam Excel mungkin akan lebih banyak dari contoh di atas. Untuk itu Anda perlu menyesuaikan parameter yang berisi $B$2:$B$7, gantikan angka 7 dengan nomor baris terakhir dari daftar Anda. Misalnya, daftar baris terakhirnya dari kolom barang yang diinventarisasi adalah 532, maka rumusnya nanti akan menjadi seperti ini:=IF(ISNA(ADDRESS(MATCH(A2,$B$2:$B$532,0)+1,2,4)),"-",ADDRESS(MATCH(A2,$B$2:$B$532,0)+1,2,4)).

Selamat mencoba!

(brl/red)