Menghitung total angka secara otomatis berdasarkan nama di Excel

Menghitung total angka secara otomatis berdasarkan nama di Excel

Techno.id - Chandra Wijaya

Bagi seorang manager marketing, menghitung hasil penjualan harian para sales dengan cepat ibarat makanan sehari-hari. Masalahnya, apakah hasil penjualan harian harus dihitung secara manual berdasarkan nama per sales?

Yang jelas, menghitung seperti itu sangat tidak efektif karena hanya akan memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Namun jika Anda terbiasa dengan MS Excel, maka hal seperti itu seharusnya tidak perlu terjadi.

Ya, MS Excel dapat menghitung total penjualan secara otomatis berdasarkan nama. Artinya, Anda tidak perlu menghitung satu per satu secara manual, melainkan cukup dengan memasukkan nama sales saja.

Sebagai contoh, asumsikan saja bahwa saat ini Anda sedang bersiap untuk menghitung total penjualan hari ini dari para sales. Agar lebih mudah, tim Techno.id menyertakan sebuah contoh gambar seperti di bawah ini.

Menghitung total angka secara otomatis berdasarkan nama di Excel

Berdasarkan contoh gambar di atas, maka nantinya Anda hanya tinggal memasukkan nama yang ingin dihitung total penjualannya di kolom C1. Setelah memasukkan nama, maka kolom C2 akan menampilkan total penjualan secara otomatis.

(brl/red)