CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 7 Januari 2016 22:00

Menkominfo yakin industri TIK Indonesia siap hadapi MEA karena hal ini

Rudiantara mengatakan bahwa regulasi bidang TI sudah memadai saat ini.

Menkominfo yakin industri TIK Indonesia siap hadapi MEA karena hal ini

Techno.id - Tahun ini, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) resmi digulirkan. Pasar bebas di Asia Tenggara ini memang menyimpan keunggulan dan kerugian tersendiri bagi Indonesia. Namun setidaknya, Menteri Komunikasi dan Informatika telah menyatakan bahwa pemerintah siap untuk bersaing di sektor teknologi informasi karena aturan mainnya sudah layak.

"Tidak perlu regulasi khusus, regulasi kita memadai saat ini," tandas Rudiantara pada wartawan Antara (06/01/16).

Chief RA pun mengumbar sejumlah langkah konkret dan strategis dari pemerintah untuk menghadapi MEA ini. Salah satunya adalah digelarnya sertifikasi nasional bagi sumber daya manusia di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia.

Tak cuma itu, pemerintah juga mendorong beberapa elemen penggerak bisnis ini, seperti sektor e-commerce dan game. Untuk industri game, misalnya, mantan orang dalam Indosat, Telkomsel, XL Axiata, dan Telkom itu mengatakan Indonesia mempunyai potensi besar, walau saat ini industri game Tanah Air masih didominasi oleh game dari luar negeri.

"Kita mendorong lebih banyak lagi industri game di Indonesia, salah satunya promosi. Ternyata walaupun skalanya kecil, banyak game di Indonesia diminati oleh Internasional. Ini yang akan dibahas nanti agar dapat mempromosikan diluar," imbuhnya.

WHAT TO READ NEXT ?