Indonesia-Selandia Baru kerja sama kembangkan panas bumi

Indonesia-Selandia Baru kerja sama kembangkan panas bumi

Techno.id - Dilansir oleh Antara (08/09/15), dikabarkan jika Pemerintah Indonesia dan Selandia Baru menandatangani kerja sama pengembangan energi panas bumi pada pelaksanaan 'Tomohon International Flower Festival' (TIFF) 7-12 Agustus.

"Pengembangan energi panas bumi Kota Tomohon menjadi perhatian negara sahabat, Selandia Baru. Ini dibuktikan dengan hadirnya duta besar negara tersebut DR Trevor Matheson bersama tim yang melakukan kunjungan kerja pertama kalinya di kota ini serta menandatangani kerja sama," kata Wali Kota Tomohon, Jimmy F Eman, dikutip dari Antara (08/09/15).

Selain itu, dikatakan juga jika Pemerintah kota bersama dengan Universitas Gadjah Mada meluncurkan Lahendong Geothermal Park (peluncuran Taman Pendidikan Panas Bumi).

"Kerja sama pengembangan energi geotermal antara pemerintah Indonesia dan Selandia Baru ditandai dengan pembukaan pusat pendidikan geothermal di sekitar Danau Linow," katanya.

Wali Kota menambahkan peluncuran penggunaan taman pendidikan panas bumi lokasinya terintegrasi langsung dengan obyek wisata andalan Kota Tomohon yaitu Danau Linow, Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan.

Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Sinyo H Sarundajang memberikan apresiasi kepada Dubes Selandia Baru yang telah menandatangani kerja sama dalam pengembangan energi ini sekaligus peluncuran taman pendidikan geothermal.

"Hadirnya taman pendidikan panas bumi selain menjadi tempat wisata juga merupakan tempat belajar seluk beluk panas bumi. Dari situ kita mempelajari ilmu pengetahuan tentang panas bumi dan teknologi pemanfaatannya untuk kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan," ujarnya.

(brl/red)