Indonesia akan ciptakan drone untuk penjagaan wilayah NKRI

Indonesia akan ciptakan drone untuk penjagaan wilayah NKRI

Techno.id - Presiden Joko Widodo pernah mengeluarkan wacana tentang pengamanan negara menggunakan drone. Ternyata, hal ini mendapat dukungan dari berbagai pihak dan akan segera direalisasikan.

"Penelitian dan pengembangan teknologi drone kini mulai diperhatikan oleh pemerintah dengan memberikan anggaran untuk penelitian dan pengadaan," kata Mohammad Dahsyat, peneliti teknologi drone dari (BPPT) Badan Pengkajian Penerapan Teknologi, seperti dilansir oleh Merdeka (25/04/2015).

Indonesia memang seharusnya membuat drone sendiri melihat negara lain juga tengah mengembangkan drone untuk keperluan negaranya. "Dengan begitu artinya teknologi perlu dikuasai jika tidak mau dibilang ketinggalan, karena jika tidak nantinya berisiko kita banyak membeli untuk memenuhi berbagai kebutuhan baik saat ini maupun dimasa yang akan datang," kata mantan Chief Engineer program PUNA (pesawat Udara nir Awak) tahun 2009 -2013 ini.

Dengan membuat dan mengembangkan drone sendiri, pastinya akan mengurangi terjadinya capital flight yang dapat menguras devisa negara.

"Sampai saat ini, BPPT telah membangun prototype dengan tingkat teknologi readiness level (TRL) 8 s/d 9 seperti wulung dan alap-alap dan hasilnya untuk wulung telah diproduksi masal oleh PT DI untuk memenuhi skuadron pesawat nir awak nasional," ujar Mohammad kepada Merdeka.com.

Hebatnya lagi, produk buatan peneliti Indonesia ini telah digunakan oleh TNI Khususnya Angkatan Udara untuk melindungi negara Indonesia dari ancaman musuh.

(brl/red)