HP pimpin penjualan notebook dunia di kuartal kedua 2015

HP pimpin penjualan notebook dunia di kuartal kedua 2015

Techno.id - Tak seperti grafik penjualan tablet dalam skala global yang menurun, penjualan notebook relatif stabil. Walaupun faktanya, tak ada kenaikan signifikan daripada kuartal pertama.

Dari analisis yang dilakukan oleh TrendForce, selama tiga bulan terakhir, ada 38,86 juta unit notebook yang telah berpindah tangan pada pengguna. Jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang hanya 38,43 juta unit, angka itu naik sebesar 1,1 persen.

Sementara itu, di kuartal kedua 2015 ini, HP ditahbiskan sebagai produsen notebook dengan pangsa pasar terbesar. Market share mereka kini adalah 21 persen, meningkat daripada Q1 2015 yang cuma 19,3 persen.

Uniknya, dari delapan vendor notebook teratas dunia, hanya tiga yang mencatatkan tren pertumbuhan positif dibandingkan tahun lalu, yakni HP, Dell, dan Apple.

Samsung pun menjadi vendor yang pertumbuhannya paling negatif. Dibanding tahun lalu, market share perusahaan asal Korea Selatan itu kini minus 40,4 persen.

HP pimpin penjualan notebook dunia di kuartal kedua 2015
Statistik produsen notebook dunia kuartal kedua 2015 2015 TrendForce

"Vendor notebook terkemuka kini sedang berada di bawah tekanan yang penjualan yang lemah selama semester pertama tahun ini," papar Anita Wang, analis TrendForce, seperti dikutip dari rilis pers mereka (28/07/15).

(brl/red)