Helm ini ubah gelombang otak jadi musik elektronik

Helm ini ubah gelombang otak jadi musik elektronik

Techno.id - Bagaimana cara manusia mendengarkan suara-suara dari pikiran sendiri? Jawabannya, Anda bisa memakai sebuah helm buatan Aiste Noreikaite, seorang seniman yang berasal dari di London.

Dilansir oleh Factodesign.com, Aiste Noreikaite menciptakan sebuah helm yang memungkinkan Anda untuk mendengar pikiran yang menerjemahkannya dalam ketukan elektronik. Jika dilihat helm tersebut memiliki desain seperti helm biasa, namun di dalamnya terdapat teknologi Electroencephalography (EEG) yang dapat menerjemahkan aktivitas otak menjadi sebuah data.

Saat menggunakan helm ini, dikatakan jika nada yang tinggi adalah sebuah kejelasan pikiran Anda. Selain itu, jika pikiran Anda terfokus pada sesuatu maka suara yang dihasilkan akan menghasilkan suara-suara berirama dengan ketukan yang lebih cepat.

EEG dapat merasakan aktivitas neuron yang ada di otak dan menunjukkan pengalaman seseorang baik di saat tenang maupun terfokus pada sesuatu.

"Neuron di otak berkomunikasi melalui listrik, jadi saya pikir nada eletkronik akan menjadi sempurna untuk itu," papar Aiste Noreikaite dikutip dari Factodesign.com.

Saat ini helm yang bernama Experience Helmet tersebut masih dalam prototipe, saat ini Noreikaite masih terus bekerja untuk mengembangkan teknologinya.

(brl/red)