CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 28 November 2015 16:00

Indonesia ikut andil dalam program energi bersih Bill Gates

Dalam program ini Gates meminta pemerintah untuk lebih fokus mencari solusi untuk mengatasi masalah perubahan iklim.

Indonesia ikut andil dalam program energi bersih Bill Gates

Techno.id - Pada 27 November lalu, Bill Gates tokoh dibalik berdirinya Microsoft meluncurkan sebuah program penelitian dan pengembangan energi bersih bernilai triliunan rupiah. Untuk mendukung program yang diberi nama Clean Tech Initiative tersebut, kabarnya Gates mengajak sejumlah negara untuk bergabung bersama.

Indonesia kabarnya adalah satu dari beberapa negara yang telah menyatakan ketertarikan pada program ini selain Amerika Serikat, Australia, Kanada, Perancis, India, Norwegia, Arab Saudi, dan Korea Selatan. Menurut laporan dari Reuters (27/11/15), melalui program tersebut Indonesia dan negara lainnya yang tertarik dengan program ini bakal diminta untuk meningkatkan anggaran dan dukungan terhadap penelitian serta pengembangan teknologi energi bersih hingga tahun 2020 nanti.

Gates sang penggagas berharap, dengan adanya program ini perubahan iklim yang makin ekstrem kini bisa dicegah dan ditanggulangi sedini mungkin. Selain itu, melalui program ini juga diharap masalah pencemaran lingkungan yang banyak terjadi di negara-negara berkembang bisa diatasi dan yang terpenting negara-negara berkembang bisa mendapat akses ke teknologi nol emisi atau teknologi terbarukan yang sangat berguna untuk memerangi perubahan iklim yang ekstrem saat ini.

Sekadar informasi, untuk menyukseskan program ini rencananya Gates akan menyumbangkan sekitar USD 2 miliar dari total kekayaannya untuk program ini.

WHAT TO READ NEXT ?